Penting! Ini 8 Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Jangan Sampai Anda Tertipu

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu – Kerap kali saat Anda akan membeli perhiasan emas, banyak penjual emas yang tidak jujur dalam melakukan transaksi jual beli. Tak sedikit pedagang yang menjual emas palsu, alih-alih menjual emas berkualitas. Tentu saja ini merugikan bagi Anda.

Tak perlu risau, ada beberapa cara mudah membedakan emas asli dan palsu sebelum Anda membelinya. Pastikan bahwa Anda melakukan beberapa cara berikut.

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu

Gosok Emas dengan Tangan

Langkah mudah cara mudah membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggosokkan permukaan emas pada telapak tangan. Jika setelah Anda gosok permukaan emas terlihat memudar, maka emas tersebut merupakan emas palsu.

Cek Fisik Pada Emas

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu

Saat membeli emas, pastikan untuk melakukan cek fisik terlebih dahulu. Pada setiap emas yang dijual di pasaran, terdapat kode atau cap yang menandakan satuan karat emas tersebut. Biasanya tertulis dengan angka mulai dari 10K, 18K, 24K atau lainnya sesuai kadar karat emas tersebut.

Jika cap atau kode tersebut tidak ada, sebaiknya Anda membeli perhiasan lain di tempat yang berbeda.

Dekatkan dengan Magnet

Anda bisa menguji keaslian emas menggunakan magnet. Emas merupakan logam mulia yang sifatnya non-magnetis. Itu artinya, perhiasan yang mengandung emas asli tidak akan menempel atau menjauh saat didekatkan dengan magnet.

Karena ada banyak logam yang sifatnya non-magnetis, maka Anda perlu menguji dengan cara lain juga untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu.

Baca Juga: Panduan Cara Menjual Emas Batangan di Butik Antam

Gunakan Cairan Asam Nitrat

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu dengan menggunakan cairan asam nitrat banyak digunakan oleh para pedagang emas, tapi Anda peru berhati-hati jika melakukannya sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan meneteskan asam nitrat ke permukaan emas dan amati reaksi yang terjadi.

Jika emas berubah warna menjadi kuning, itu artinya perhiasan tersebut adalah bahan kuningan yang dilapisi emas. Jika berubah warna jadi hijau, artinya merupakan besi yang berlapis emas. Jika Anda tidak menemukan perubahan warna maka perhiasan tersebut merupakan emas asli.

Goreskan pada Kertas atau Keramik

Cara termudah lainnya untuk mengetahui keaslian emas adalah dengan menggosokkan permukaan emas pada kertas atau keramik. Apabila tidak terdapat bekas goresan hitam pada kertas atau keramik, maka itu berarti emas yang Anda beli asli.

Berhati-hatilah jika melakukan pengujian dengan cara ini, karena beresiko menimbulkan kerusakan pada permukaan emas.

Menggigit Emas

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggigit emas. Emas adalah logam yang lunak, jadi Anda bisa menguji lunak atau tidaknya perhiasan yang ditawarkan pada Anda untuk mengetahui keasliannya. Jika setelah digigit terdapat bekas gigitan, maka kemungkinan besar emas tersebut asli.

Tapi Anda harus melakukan uji lainnya untuk lebih memastikan. Karena bisa jadi emas tersebut terbuat dari timah, yang juga merupakan salah satu logam lunak.

Manfaatkan Gold Tester

Cara mudah membedakan emas asli dan palsu

Saat ini sudah banyak toko emas yang menyediakan alat gold tester, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur kadar emas. Cara pengujian cukup mudah, hanya dengan menempelkan ujung alat ke permukaan emas dan nanti akan terlihat hasilnya.

Anda memang harus membayar jika melakukan pengujian dengan metode ini. Tapi tak masalah untuk keamanan Anda sendiri.

Lakukan Pengecekan ke Butik LM

Jika anda tak mau ribet dengan berbagai cara mudah membedakan emas asli dan palsu di atas, maka Anda bisa pergi ke butik LM terdekat untuk melakukan pengecekan. Anda hanya perlu menyerahkan perhiasan emas Anda ke petugas butik LM, selanjutnya petugas lah yang akan melakukan analisa.

Setelah mengetahui beberapa cara mudah membedakan emas asli dan palsu diatas, kini Anda bisa lebih teliti dan berhati-hati saat akan membeli emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *