Amati Sebelum Membeli, Ini 3 Cara Membedakan Kadar Emas Muda dan Tua

Cara membedakan kadar emas muda dan tua

Cara membedakan kadar emas muda dan tua – Dalam dunia jual beli emas, Anda mungkin sudah familiar dengan istilah emas muda dan emas tua. Biasanya di setiap toko yang menjual berbagai jenis perhiasan akan memberikan informasi, jenis emas apa saja yang mereka perdagangkan. Mulai dari perhiasan emas muda, emas tua, emas luar negeri atau perhiasan perak. Anda harus pandai membaca informasi ini agar tak salah.

Meski Anda sudah begitu kenal dengan istilah emas muda dan emas tua, mungkin sebagian dari Anda belum mengerti betul bagaimana cara membedakan kadar emas muda dan tua. Sebelum kita bahas, mari kita bahas terlebih dahulu tentang perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

Cara membedakan kadar emas muda dan tua

Emas merupakan logam mulia yang sangat lunak, sehingga saat akan dibentuk menjadi perhiasan harus dikombinasi dengan bahan-bahan lain. Seperti misalnya perak, tembaga, seng atau bahan lainnya.

Banyaknya kandungan emas dan bahan campuran lainnya inilah yang membedakan antara keduanya.

Menurut beberapa sumber, emas muda merupakan perhiasan yang mengandung kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua mempunyai kandungan emas di atas 42%.

Ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa emas muda adalah perhiasan dengan kadar emas di bawah 70%, sedangkan emas tua memiliki kandungan emas di atas 70%. Intinya adalah bahwa emas muda menggunakan lebih banyak kombinasi dari pada emas tua.

Cara Membedakan Kadar Emas Muda dan Tua

Cara membedakan kadar emas muda dan tua

Sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan, Anda harus tentu saja harus memilih dengan tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang masih bingung membedakan emas tua dan emas muda, berikut adalah beberapa cara membedakan kadar emas muda dan tua.

Melihat kode di perhiasan

Saat Anda akan membeli perhiasan, cobalah untuk melihat lebih detail pada salah satu sisi perhiasan tersebut. Produsen emas, baik itu muda ataupun tua sebetulnya telah memberikan petunjuk tentang kadar emas dalam perhiasan yang mereka produksi.

Jika pada cincin dan gelang biasanya kode tercetak di bagian dalam lingkar cincin ataupun gelang, sedangkan pada kalung akan tercetak di bagian pengaitnya.

Biasanya emas muda akan memiliki kode angka seperti 375, yang menandakan kandungan emasnya adalah 37,5% atau setara dengan 9 karat. Atau beberapa produsen akan mencetak kode dalam bentuk ukuran karat, misalnya 10K, 12K atau 14K.

Pada emas tua pun tercetak kode yang sejenis, hanya saja yang berbeda adalah besaran karatnya. Jika emas tua memiliki kadar emas di atas 75%, maka kode yang akan tercetak diantaranya 18K, 19K, 20K, atau 23K.

Membandingkan Harga

Salah satu cara membedakan kadar emas muda dan tua adalah dengan membandingkan harga keduanya. Karena emas tua memiliki kandungan emas murni yang lebih banyak, maka otomatis harganya juga akan lebih fantastis dari pada emas muda. Pada beberapa toko emas, bahkan harga emas tua bisa mencapai dua kali lipat harga emas muda.

Warna Emas

Melihat dengan teliti warna emas yang Anda beli juga bisa menjadi cara membedakan kadar emas muda dan tua. Emas muda mengandung lebih banyak bahan campuran, untuk itu biasanya perhiasan ini memiliki warna yang agak kemerahan atau keputihan. Ini akibat pengaruh bahan campuran lain seperti perak atau tembaga.

Pada emas tua, warna perhiasan yang ditampilkan terlihat lebih kuning mentereng dan terlihat mengkilap.

Gunakan Gold Tester

Cara membedakan kadar emas muda dan tua

Gold tester merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kadar emas dalam sebuah perhiasan. Biasanya alat ini digunakan di toko-toko emas. Anda bisa menguji kadar emas dengan menggunakan alat ini jika masih belum yakin dengan perhiasan yang akan Anda beli.

Jika Anda lihai, sebenarnya mudah menemukan perbedaan antara emas muda dan emas tua. Beberapa cara membedakan kadar emas muda dan tua di atas juga bisa jadi pedoman saat Anda akan membeli perhiasan emas.

Baca Juga: 6 Tips Aman Membeli Emas Antam Secara Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *