Perbedaan Logam Mulia UBS dan Antam, Mana Pilihan Untuk Investasi Anda?

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam – Pasti Anda sering mendengar tentang logam mulia UBS dan Antam. Keduanya memang termasuk dalam instrumen investasi jangka panjang yang cukup terkenal dan banyak diminati di Indonesia. Jika Anda sedang mempertimbangkan memilih diantara keduanya, mungkin beberapa hal berikut bisa jadi bahan pertimbangan.

Meski sama-sama memproduksi logam mulia emas batangan, namun terdapat beberapa perbedaan logam mulia UBS dan Antam.

Ukuran Logam Mulia

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam yang selanjutnya adalah pada ukurannya. Logam mulia Antam yang dijual dipasaran terdiri atas beberapa ukuran. Mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram dan 1 kilogram.

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam

Untuk UBS Gold ukuran yang diproduksi cukup terbatas, yaitu 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Sertifikat

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam juga terletak pada sertifikatnya. Pada logam mulia Antam, sertifikat emas dibuat menyatu dengan kemasan dan terlaminating di dalamnya. Emas Antam saat ini sudah mendapat sertifikasi dari LBMA atau London Bullion Market Association, sehingga mudah bagi Anda untuk menjual logam mulia ini di negara lain.

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam

Saat ini, di pasaran juga masih beredar logam mulia Antam versi lawas, di mana antara produk dan sertifikat masih terpisah. Sertifikat juga masih berupa kertas berhologram saja.

Lain halnya dengan UBS Gold, logam mulia ini memiliki sertifikat yang dikeluarkan sendiri oleh PT UBS. Sertifikat UBS Gold berupa kertas menyerupai SIM Card, dimana emas berada di dalamnya dan ikut terlaminating. Sertifikat bentuk SIM Card ini berlaku untuk emas dengan dimensi terkecil hingga maksimal 4 gram saja.

Untuk UBS Gold di atas 5 gram, sertifikat dicetak terpisah berupa kertas berhologram yang bisa dikeluarkan dari plastiknya.

Baca Juga: Pengertian Logam Mulia dan Berbagai Jenisnya Selain Emas, Ketahui Perbedaanya

Produsen

Salah satu perbedaan logam mulia UBS dan Antam adalah produsen yang memproduksinya. Logam Mulia UBS Gold diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan ini merupakan perusahaan swasta yang berada di Surabaya dan telah memproduksi emas sejak tahun 1981. Selain memproduksi emas batangan, PT Untung Bersama Sejahtera juga memproduksi berbagai jenis perhiasan emas.

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam

Berbeda dengan UBS, logam mulia Antam merupakan produk dari PT Aneka Tambang, Tbk. Perusahaan ini sebelumnya merupakan BUMN, namun kemudian sahamnya dialihkan dan kini menjadi anak perusahaan dari PT Inalum (Persero) yang berfungsi sebagai anggota holding.

Pembelian Stok Logam Mulia

Untuk membeli stok logam mulia Antam, Anda bisa datang langsung ke Unit Bisnis Antam yang beralamat di Pulogadung, Jakarta Timur. Atau jika Anda berada jauh dari Jakarta, maka Anda bisa membeli logam mulia Antam di beberapa butik resmi yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Dibandingkan dengan UBS, saat ini logam mulia UBS belum memiliki pusat penjualan yang resmi. Meski begitu, Anda bisa dengan mudah menemukan produk UBS di marketplace, Pegadaian maupun toko-toko emas umum.

Harga Emas

Perbedaan logam mulia UBS dan Antam juga terlihat pada harganya. Secara umum harga emas Antam lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Sebelum melakukan pembelian, Anda sebetulnya bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui website resmi kedua perusahaan tersebut.

Setiap kali Anda hendak melakukan investasi logam mulia, jangan lupa untuk selalu membuat perbandingan untuk bahan analisa. Hal ini akan sangat penting untuk nasib investasi Anda kedepannya. Dengan mempelajari beberapa perbedaanya, Anda tentu sudah punya gambaran tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *